Eks Pejabat BPBD Jadi Tersangka Korupsi Budi Daya Rumput Laut – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Hukum & Kriminal

Eks Pejabat BPBD Jadi Tersangka Korupsi Budi Daya Rumput Laut

Bustanil N Arifin SH

RUMBIA – Mantan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bombana, Ir Abu Kahar resmi ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi bantuan sarana dan prasarana budidaya rumput laut tahun 2013-2014 oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Bombana.

Selain Abukahar, yang juga sudah ditetapkan sebagai tersangka yakni Suardi Rahman Spd sebagai Kepala Bidang Rehabilitasi Rekinstruksi dan Muis Rais, Kepala Seksi Rehabilitasi.

Kasi Pidsus Kejari Bombana, Bustanil N Arifin SH mengatakan, pihaknya sudah memanggil terhadap tiga tersangka, namun hanya satu orang yang mangkir dari panggilan tersebut yakni Abu Kahar.

“Namun kami akan tetap layangkan surat panggilan kedua. Mudah-mudahan saja Abu Kahar bisa menghadiri  panggilan kami,” ujar Bustanil kepada Rakyat Sultra.

Tambahnya, setelah adanya penetapan tersangka, pihaknya sebelumnya memeriksa 18 orang saksi untuk dimintai keterangan ples tersangka.

Untuk diketahui, proyek bantuan sarana dan prasarana budidaya rumput laut tahun 2013-2014 menelan anggaran dana hiba sebesar Rp 1,5 miliar lebih. Dengan jumlah kelompok tani sebanyak 14 kelompok yang tersebar diwilayah Poleang dan Kabaena.

Dari hasil penyelidikan Kejaksaan ditemukan setiap kelompok tani diberi bantuan oleh BPBD antara 10 juta hingga 17 juta. Sementara yang tertera dalam kontrak setiap kelompok tani mendapatkan bantuan Rp 54.000,000. (rs)

Click to comment
To Top