Proyek DAK Belum Ditender – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Muna Raya

Proyek DAK Belum Ditender

La Ode Bou

RAHA – Memasuki April 2017, pemerintah pusat belum juga mentransfer anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Muna ke kas daerah (Kasda). Padahal tahun-tahun sebelumnya, anggaran DAK mulai ditransfer ke Kasda pada Januari. Jumlah DAK Muna nilainya terbilang cukup fantastis mencapai Rp150 miliar atau jumlah DAK terbesar di Sulawesi Tenggara.

Asisten Dua Setda Muna, La Ode Bou, membenarkan informasi tersebut. “Anggaran DAK untuk Muna belum ada satu sen pun yang ditransfer oleh pemerintah pusat. Biasanya dana itu ditransfer pada bulan Januari. Yang sudah turun dananya adalah dana bagi hasil,” kata La Ode Bou, Selasa (18/4).

Akibatnya, sejumlah kegiatan yang telah direncanakan yang menggunakan DAK, belum bisa ditender atau dilelang. “Kami masih menunggu petunjuk teknis dan dananya masuk ke kas daerah, baru kita bisa melakukan proses tender. Saat ini perencanaannya sudah selesai semua, sisa dananya saja yang belum masuk,”kata La Ode Bou.

Lanjutnya, secara teknis, Pemkab Muna sudah menyiapkan untuk pelaksanaan tender dan pengelolah kegiatan, baik di sekertariat daerah maupun di SKPD teknis yang mengelolah anggaran DAK. Ditanya soal kesiapan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di sejumlah SKPD, La Ode Bou mengatakan, hampir semua SKPD sudah memiliki PPK. “Kalau Sekertariat daerah sudah ada PPK nya. Kalau Dinas PU sementara dalam proses, karena kemarin kami sudah minta agar segera menunjuk PPK di instansi tersebut,”kata La Ode Bou.

Proyek-proyek DAK tersebut kata La Ode Bou, meliputi sejumlah kegiatan dengan konsentrasi anggaran terbesar di Dinas PU Muna, diantaranya untuk kegiatan pengaspalan jalan dan kegiatan pembangunan infrastruktur lainnya. (sra/aji)

Click to comment
To Top