Surunuddin Salurkan Bantuan Korban Bencana Angin Kencang – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Konawe Raya

Surunuddin Salurkan Bantuan Korban Bencana Angin Kencang

Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga ST MM saat memberikan bantuan stimulan pada korban bencana angin kencang di Konsel.

 

ANDOOLO – Hujan dan angin kencang yang melanda Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Rabu (15/3) kemarin mengakibatkan puluhan rumah warga di Kecamatan Andoolo dan Tinanggea mengalami kerusakan parah.

Mendengar kabar itu, Bupati Konsel H Surunuddin Dangga ST MM didampingi Kepala BPBD Konsel, Ir Armansyah turun langsung di dua kecamatan tepatnya di Desa Tatangge Kecamatan Tinanggea, Desa Lalobao dan Desa Puunggapu Kecamatan Andoolo untuk melihat kondisi perumahan warga yang dilanda angin kencang.

Usai mengunjungi para korban bencana alam, orang nomor satu di Konsel ini langsung memberikan bantuan stimulan berupa bahan bangunan.

“Kita memberikan bantuan stimulan berupa bahan bangunan. Kita harapkan warga dapat bergotong royong untuk memperbaiki kerusakan akibat dampak angin kencang kemarin,” ujar Surunuddin.

Untuk membantu masyarakat secara umum di Konsel, Surunuddin langsung membentuk Satuan Kerja Cepat (Satker) dampak bencana. “Kita bentuk satker gerak cepat dalam hal terjadi bencana sosial dan bencana alam di 25 kecamatan. Sebab, wilayah Konsel ini kan cukup luas sehingga perlu gerak cepat penanggulangannya,” pandangnya.

Dia mengatakan satker tersebut sifatnya memberikan informasi dari pemerintah desa, kecamatan kepada pemerintah daerah. “Jadi lintas sektoral. Ada dari desa, kecamatan, BPBD, Sosial, Perlindungan Perempuan dan Anak,” ungkapnya.

Surunuddin memandang bencana alam ataupun bencana sosial perlu penanggulangan cepat oleh pemerintah. “Rakyat menginginkan jika terjadi dampak bencana alam pemerintah harus andil terhadap mereka. Misalkan kebakaran, bencana alam, mereka korban ini menginginkan kita turut andil dalam membantu mereka. Seperti jembatan putus atau akses yang terganggu itu diperlukan percepatan penanggulangannya,” nilainya.

Dia menambahkan pemerintah daerah akan mengkonsultasikan hal ini dari segi penganggaran. Menyangkut ketersediaan anggaran taktis (tak terduga) apabila dapat dianggarkan guna mengantisipasi terjadinya bencana alam dan sosial di tengah masyarakat. (rs)

 

Click to comment
To Top