Sekolah Jamin Kerahasiaan Soal USBN – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Pendidikan

Sekolah Jamin Kerahasiaan Soal USBN

Suasana Tryout Ujian Nasional di salah satu SMA Kota Kendari, baru-baru ini.

KENDARI – Dalam menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 20 hingga 23 Maret nanti, sekolah dituntut untuk mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari kesiapan siswa, sarana prasarana, pengandaan naskah soal ujian hingga kerahasiaan naskah soal USBN.

Kepala SMKN 1 Kendari Ali Koua, mengatakan bahwa, pihaknya sudah siap untuk melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), yang soalnya, 75 persen dari Kementerian Pendidikan dan kebudayaan RI dan 25 persen dari Dikbud Provinsi.

“Hari sabtu lalu, master soal USBN sudah kami terima dari Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kota Kendari. Dan Kami juga sudah melakukan penggandaan naskah soal ujian,” ucapnya, Kamis (16/3).

Katanya, untuk keamanan naskah soal ujian, pengandaanya diawasi langsung oleh wakasek-wakasek, termasuk Wakasek Kurikulum, Wakasek Humas dan termasuk juga dirinya.

“Ini sifatnya rahasia, jagan karena perbanyakannya diadakan oleh sekolah, kemudian kita juga tidak menjaga kerahasiaannya. Semua pihak yang terkait harus menjaga integritas,” ungkapnya.

Dirinya mengungkapkan, melalui ini, pemerintah akan melihat sejauh mana integritas sekolah dalam pelaksanaan USBN 20 Maret nanti.

Selain itu, disekolah yang berbeda, Kepala SMAN 10 Kendari, sekaligus Ketua MKKS Kota Kendari, Ruslan, mengungkapkan hal yang senada dengan Kepsek SMKN 1, bahwa mereka juga siap dalam pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional minggu depan.

“Pada prinsipnya pelaksanaan USBN sama dengan Ujian Sekolah tahun-tahun sebelumnya, hanya saja 25 persen soal dibuat oleh Kementerian dan 75 persen dibuat dan dirakit oleh tim dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi,” ujarnya.

Ia juga tak lupa, menghimbau kepada guru-guru untuk menjaga fakta integritas yang telah disepakati bersama.

“Saya selaku ketua MKKS Kota Kendari mengharapkan kepada seluruh kepala sekolah, untuk turun langsung menjaga dan mengawasi langsung naskah soal ujian saat dilalakukan pengandaan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala MAN 1 Kendari, Ma’sud Achmad, jauh dari sebelumnya telah mempersiapkan siswa dalam menghadapi USBN maupun ujian lainnya, dengan mengadakan pengayaan sejak tiga bulan lalu.

Namun, di pelaksanaan USBN nanti di MAN 1 Kendari, akan terintegrasi dengan pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berbasis Nasional (UAMBN), tetapi soal UAMBN dibuat di Jakarta.

“Master soal USBN sudah kami terima. Dan kami sudah melakukan Mou dengan percetakan untuk menjaga integritas. Kamipun, kepala sekolah se Kota Kendari telah menandatangani fakta integritas  kejujuran,” terangnya.

Ma’sud berharap, semua siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Kendari, lulus dengan nilai yang baik, sehingga bisa digunakan untuk masuk ke Perguruan Tinggi atau tidak digunakan untuk mendaftar polisi dan pekerjaan lainnnya. (rs)

Click to comment
To Top