Muna Siap Kembangkan Potensi Pariwisata Melalui Offroad – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Metropolis

Muna Siap Kembangkan Potensi Pariwisata Melalui Offroad

Wakil Ketua DPRD Muna, Arwin Kadaka (Kiri) dan Direktur Koran Harian Rakyat Sultra, H Abdul Haliq SE (kanan).

KENDARI – Kabupaten Muna dalam waktu dekat ini akan menyelenggarakan kejuaran offroad skala nasional, bahkan internasional. Kegiatan ini guna untuk mendukung penuh upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna dalam membangun dan mengembangkan potensi wisatanya.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil ketua DPRD Muna Arwin Kadaka di Kendari.

Menurut Arwin, Kabupaten Muna memang memiliki banyak lokasi yang bisa dijadikan sebagai arena untuk ajang offroad.

”Ya, memang harus dikembangkan, karena kegiatan ini sangat bermanfaat buat potensi wisata muna. Apabila potensi pariwisata adventure ini bisa dikembangkan, apalagi untuk olahraga offroad maka Muna akan berkembang dan pariwisatanya akan dikenal hingga mancanegara,” ujarnya.

Ketua umum pengurus besar Ikatan Alumni (IKA) STIP Wuna itu menyampaikan kejuaraan offroad selain untuk memperkenalkan pariwisata Muna juga sebagai rangkaian kegiatan dalam menyukseskan dan menyambut Hari Ulang Tahun Kabupaten Muna.

”Kegiatan ini kalau tidak ada halangan akan dilaksanakan usai bulan Ramadhan. Yang akan menjadi peserta tidak hanya skala nasional mudah-mudahan ada dari negara tetangga yang akan ikut dan itu kita usahakan agar mereka ikut, tentuanya dengan hadiah menarik,” katanya.

Di area yang akan dijadikan sebagai lokasi offroad lokasinya cukup representatif dan menantang. “Rutenya mulai dari Lagasa hingga Walengkabola,mengiku­ti garis pantai hingga melewati Pantai Napabhale. Jadi sepanjang jalan kita akan menyaksikan keindahan pulau Muna. Ini sekaligus kita akan mensurvei potensi wisata yang masih tersembunyi lainnya,” ungkapnya.

Sebelumnya, Pemkab Muna berencana mengembangkan potensi pariwasata khusus offroad. Hal itu dilatar belakangi wilayah geografis yang berbukit-bukit dengan pariwisatanya yang memanjakan mata.

”Saat ini Kabupaten Muna memiliki beberapa tempat wisata yang sudah dikenal hingga skala nasional mulai dari Pantai Napabale, Pantai Meleura dan masih banyak lagi ,” pungkasnya. (rs)

Click to comment
To Top