KPU Buka Kotak Suara – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Pilkada

KPU Buka Kotak Suara

Petugas PPK saat memeriksa kotak suara yang akan dibuka di MK

KENDARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari akhirnya membuka kotak suara untuk menyiapkan alat bukti yang akan dibawa ke Mahkamah Konstitusi (MK) . Pembukaan kotak ini sudah berlangsung sejak 15 Maret dan 16 Maret 2017. Bukan hanya aparat kepolisian, saksi pasangan calon dan Panwaslu turut mengawasi kegiatan tersebut.

Anggota KPU Kendari, Abdul Wahid Daming mengatakan pembukaan kotak ini dilakukan setelah MK meregistrasi permohonan yang diajukan pasangan Abdul Rasak-Haris Andi Surahman. Di dalam kotak, pihaknya mengambil berbagai formulir seperti hasil penghitungan suara (C1), formulir keberatan saksi pasangan calon (C2), formulir daftar hadir pemilih (C7) dan alat bantu bagi pemilih yang menggunakan kartu tanda penduduk elektronik (KTPE) dan surat keterangan  (ATB).  “Formulir inilah yang akan kami jadikan alat bukti di MK,” ungkapnya saat ditemui di kantornya, Kamis (16/3).

Menurut Daming, KPU tidak membuka semua kotak suara yang ada di TPS. Pihaknya cuma membuka kotak suara panitia pemilihan kecamatan (PPK) di 10 kecamatan dan 43 kotak yang ada di TPS Kecamatan Kambu.

Pembukaan kotak TPS di Kecamatan Kambu karena berbagai formulir C masih ada di dalam kotak TPS. Sementara di kecamatan lain, semua formulir C sudah berada di kotak suara PPK. Setelah  pembukaan kotak selesai, KPU Kendari akan melegalisasi formulir yang akan digunakan sebagai alat bukti. (rs)

Click to comment
To Top