Dua Destinasi Wisata Jadi Fokus Perhatian Dispar – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Konawe Raya

Dua Destinasi Wisata Jadi Fokus Perhatian Dispar

Plt Kadis Pariwisata Konsel, Mahar Buburanda Imran saat meninjau obyek wisata Air Terjun Moramo kepada Konsultan Kementerian Pariwisata, Ade Muftin

ANDOOLO – Ragamnya destinasi wisata di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) sesungguhnya mampu menarik perhatian para wisatawan. Hanya saja, banyaknya obyek wisata yang terpendam di bumi Konsel belum sepenuhnya tersentuh dengan anggaran yang memadai untuk mendukung pengembangan destinasi wisata.

Untuk meyakinkan wisatawan, Dinas Pariwisata Konsel akan fokus pada program pengembangan wisata di dua destinasi yang telah ada.

“Dalam rangka mendukung program pemerintah pusat dan daerah, pengembangan sektor wisata tahun ini kita fokus pada dua destinasi yang ada. Yakni permandian Air Terjun Moramondan Pulau Hari,” ujar Plt Kadis Pariwisata Konsel, H Mahar Buburanda Imran SH MH.

Kadis yang kerap disapa Randa ini menuturkan pengembangan destinasi wisata seperti Pulau Hari dan Permandian Air Terjun Moramo sejalan dengan Kawasan Pengembangan Pariwisata Nasional (KPPN) dan sejalan dengan hasil koordinasi bersama sekretaris kementerian pariwisata RI.

Randa mengakui jika pengembangan pariwisata agar lebih maju tak semudah membalikan telapak tangan. Namun, dibutuhkan kerjasama berbagai pihak. Baik oleh pemerintah itu sendiri, masyarakat, ataupun pihak swasta yang siap membantu pemda dalam mewujudkan pariwisata Konsel yang memiliki nilai jual kepada para wisatawan.

“Saat ini dari segi anggaran daerah untuk pengembangan pariwisata masih sangat terbatas. Olehnya, itu kami berupaya membangun kerjasama pihak kementerian pariwisata utamanya dalam mendukung anggaran pengembangan kepariwisataan,” ujarnya.

Alhasil untuk tahun 2017, pemerintah pusat telah memberikan bantuan anggaran melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 1,4 Miliar. “Alokasi anggaran tersebut sesuai petunjuk tekhnisnya diperuntukan pembangunan wisata kuliner di Kecamatan Ranomeeto,” paparnya.

Diapun memiliki rencana untuk menggelar event internasional melalui event international fotographer week guna mempromosikan nama daerah dilevel mancanegara. Hal tersebut dinilai sepadan mengingat Air Terjun Moramo dan Pulau Hari merupakan salah satu obyek wisata di Konsel yang memiliki nilai jual di mata wisatawan domestik dan mancanegara.

Randa berharap banyaknya potensi wisata di Konsel mampu menjadikan Kabupaten Konsel sebagai pintu gerbang tourism di Sultra. Sehingga dengan majunya pariwisata di Konsel mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususunya ekonomi kerakyatan dan pendapatan daerah. (ram/ian)

Click to comment
To Top