Sambut Nyepi, Komunitas Bali Gelar Festival Ogoh-Ogoh – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Konawe Raya

Sambut Nyepi, Komunitas Bali Gelar Festival Ogoh-Ogoh

Komunitas Hindu Bali menyelenggarakan festival ogoh-ogoh menjelang perayaan Nyepi.

 

UNAAHA – Menyambut nyepi, komunitas Hindu Bali di Kabupaten Konawe melakukan festival ogoh-ogoh. Festival dilaksanakan Minggu (19/3), dimulai dari Lapangan STQ dan berakhir di pelataran Kantor Bupati Konawe.

Festival kebudayaan masyarakat Hindu Bali ini diikuti seluruh perwakilan masyarakat Bali dari beberapa kecamatan. Festival yang dilaksanakan bersamaan hari libur ini, berhasil menarik perhatian warga di sekitar pelaksanaan.

Pelaksanaan festival Ogoh-Ogoh terbilang baru di tanah kerinduan ini. Warga yang selalu melihat festival ini di layar televisi akhirnya dapat menyaksikan langsung.

Dalam festival Ogoh-ogoh ini, dihadirkan juga pernak-pernik dalam menyambut Nyepi. Simbol-simbol ini sangat kental dengan budaya masyarakat bali.

Festival yang diikuti sekitar tiga ribu etnis bali yang bermukim di delapan kecamatan di Konawe ini dilepas langsung oleh bupati, Kery Saiful Konggoasa. Bupati didampingi oleh Wakil Ketua DPRD, Rusdianto dan legislator Konawe, I Kadek Ray Suriani.

“Festival ini bertemakan apresiasi seni dan budaya untuk memperkuat bangsa. Olehnya itu kita jadikan kemajemukan di Konawe ini sebagai fondasi kita dalam menjaga kedamaian. Kalau kedamaian terjaga, maka pembangunan tercapai,” kata Kery.

Pada festival ini, Kapolres Konawe, AKBP Jemmi Junaidi, Muspida, Kepala SKPD lingkup pemerintah daerah dan camat. (rs)

Click to comment
To Top