Sekolah Harus Sediakan Genset – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Pendidikan

Sekolah Harus Sediakan Genset

Damsid

*Antisipasi Listrik Padam saat UNBK

 

KENDARI – Guna kelancaran pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) April nanti, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara, menyerukan agar yang ditunjuk untuk mengikuti UNBK menyediakan genset untuk mengantisipasi pemadaman lampu pada saat ujian berlangsung.

Kadis Dikbud Sultra, Damsid, mengatakan bahwa, ada 25 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Sulawesi Tenggara, yang telah siap dalam mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bulan depan.

“Yang kita antispasi hanya masalah listrik saja. Bila terjadi hidup mati listrik, hal tersebut akan menyulitkan  pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) nanti,” ucapnya, Kamis (9/3).

Dirinya menghimbau kepada seluruh sekolah yang mengikuti UNBK agar menyediakan genset guna mengantisipasi pemadaman listrik oleh PLN.

“Selain, menghimbau ke sekolah untuk menyediakan genset, kami juga akan menjalin koordinasi kepada pihak PLN, untuk tidak memadamkan aliran listrik ditempat sekolah yang sedang menjalankan ujian,” ungkapnya.

Dia mengakui untuk memperlancar jalannya UNBK, dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM), pihaknya sudah mengirim sebanyak 34 proktor atau teknisi untuk mengikuti pelatihan di Makassar.

“Artinya, itu semua untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga dalam  pelaksanaan UNBK April nanti mereka bisa mengatasi masalah-masalah perangkat yang bisa mengganggu jalannya ujian,” ujarnya.

Lanjutnya, dari sisi peralatan, dirinya sudah melakukan koordinasi untuk kekurangan-kekurangan. “Seperti halnya, masalah kekurangan komputer, kami menghimbau ke semua sekolah pelaksana UNBK, untuk bisa mencari jalan keluarnya dengan cara meminjam Laptop siswa atau meminjam komputer sekolah yang belum mengikuti UNBK,” Ucap Damsid saat ditemui diruang kerjanya.

Selain itu, Damsid menambahkan,  masalah server dan jaringan sudah siap, apalagi sudah dilakukan verifikasi oleh pusat. ” Jadi tim dari pusat datang melakukan peninjauan kelayakan server dan peralatannya,” paparnya.

Daftar nama sekolah di Kota Kendari yang siap menjalankan UNBK yakni, SMAN 1 Kendari, SMAN 4 Kendari, SMKN 1 Kendari dan SMKN 4 Kendari.

Diakhir katanya, Ia berharap agar pelaknsanaan UNBK di Provinsi Sulawesi Tenggara bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan dan tak lupa dia juga berharap seluruh siswa untuk mempersiapkan diri dalam mengahadapi ujian nanti. (rs)

Click to comment
To Top