Penghujan Tak Pengaruhi Kualitas Air PDAM – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

ridwan bae ggd"
Metropolis

Penghujan Tak Pengaruhi Kualitas Air PDAM

Direktur PDAM Tirta Anoa Kendari, Damin memperlihatkan tingkat kekeruhan air yang bisa dijernihkan.

KENDARI – Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Anoa Kendari, Damin SE mengatakan, musim hujan yang melanda Kota Kendari beberapa hari terakhir ini, tidak akan mempengaruhi kualitas air.

Sebab kata dia, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Kendari, untuk rutin mengontrol kualitas air dengan menggunan bahan kimia sesuai dengan dosis jartes atau alat uji resmi dari pemerintah pusat.

Hanya saja kata Damin, biaya operasional penambahan bahan kimia seperti tawas untuk mengendapkan partikel debu dengan air semakin meningkat. Sebelumnya pihaknya ahanya menggunakan bahan kimia sebanyak 800 kilogram naik menjadi 2 ton.

“Tidak berpengaruh kalau musim hujan. Karena sekeruh apapun air kalau sudah diberi bahan kimia maka partikel debu akan mengendap dan terpisah dari air. Terkecuali kalau air itu berubah warna. Makanya saat ini kami harus meningkatkan penambahan untuk bahan kimia,” terangnya.

Di musim hujan lanjut Damin, tidak menutup kemungkinan jika ada konsumen yang mengeluh karena ada air keruh. Namun hal itu kata damin bukan karena kualitas air tetapi ada kebocoran pipa yang kemasukan debu. Olehnya, dirinya meminta jika ada konsumen yang mendapati air yang keruh segera melapor di PDAM untuk dilakukan perbaikan pipa.

Kebocoran pipa terjadi karena adanya pohon tumbang yang mengenai pipa sehingga menyebabakan adanya kebocoran bahkan adanya pipa patah. Jika tingkat kekeruhuan berasal dari titik pusat mata air, kemungkinan seluruh konsumen akan protes dan mengeluh. Namun faktanya, hanya beberapa konsumen yang datang melapor soal kekeruhan tersebut.

“Kalaupun ada air yang keruh itu bukan dari mata air. Tapi adanya pipa yang bocor sehingga kemasukan tanah didalam pipa. Tapi itu tidak bertahan lama, karena sekali jalan airnya akan kembali bersih dan jernih. Makanya saya mengimbau supaya akalu ada masyarakat yang airnya kerugm segra melapor pada kami untuk dilakukan perbaikan,”tutupnya.­ (rs)

Click to comment
To Top