Tes Urine Dadakan, Satu Orang Terindikasi – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Hukum & Kriminal

Tes Urine Dadakan, Satu Orang Terindikasi

KENDARI – Kepala Direktorat Reserse Narkoba, Kombes Pol Sumarto secara diam-diam dan mendadak memerintahkan seluruh personel Reserse Narkoba Polda Sultra mengikuti permeriksaan urine, sekaligus untuk mengetahui seberapa besar anggotanya terindikasi melakukan penyalahgunaan narkoba, Rabu (11/1).

Personel Direktorat Reserse Narkoba menjalani pemeriksaan urine secara mendadak, guna menindaklanjuti perintah atau program kerja Kapolda Sultra.

Personel Direktorat Reserse Narkoba menjalani pemeriksaan urine secara mendadak, guna menindaklanjuti perintah atau program kerja Kapolda Sultra.

Alhasil, sebanyak 67 personel Direktorat Reserse Narkoba yang menjalani tes urine, satu diantara terindikasi positif.

Kepala Direktorat Reserse Narkoba, Kombes Pol Sumarto melalui Kasubbid PID Humas Polda Sultra Kompol Dolfi Kumaseh saat dikonfirmasi mengungkapan, bahwa anggota Res Narkoba yang terindikasi positif itu, sementara ditindak lanjuti dengan diperiksa oleh penyidik.

“Baru positif, belum ditau positif narkoba atau obat-obatan. Tapi saat ditemukan positif, Dir Narkoba langsung mengambil tindakan memerintahkan agar anggotanya itu diperiksa penyidik untuk mengetahui positif apa, saat ini masih diuji ulang,” katanya.

Jika dari hasil pemeriksaan atau pengembangan terbukti positif narkoba lanjutnya, anggota Res Narkoba tersebut tak segan-segan dikenakan sanksi. Diantaranya mulai dari sanksi rehabilitasi bahkan sampai diperhadapkan dengan sidang disiplin.

Kegiatan tes urine ini dilaksanakan di ruang direktorat narkoba polda sultra, Rabu 11 Januari 2017 sekitar pukul 07.00 Wita tersebut bekerjasama dengan bidang kedokteran dari Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sultra.

Selain itu, kegiatan pemeriksaan urine itu merupakan upaya dari Kepala Direktorat Reserse Narkoba Kombes Pol Sumarto dalam menindak lanjuti perintah Kapolda Sultra Brigjend Pol Andap Budhi Revianto Sik dalam merespon percepatan pelaksanaan program sebagaimana dipaparkan dalam Comander wish kapolda sultra .

Lebih lanjut disampaikan Dolfi, pemeriksaan urin terhadap Personil Direktorat Reserse Narkoba betujuan untuk mengetahui dan membersihkan diri seberapa besar ketergantungan anggotanya terhadap narkoba, sebelum melaksanakan kegiatan pemeriksaan tes urine diluar.

“Kegiatan ini akan terus dilaksanakan untuk mencegah dan memberantas penyalahgunaan narkoba baik di internal polisi maupun dimasyarakat,” ujar Dolfi.

Pemeriksaan urine super dadakan ini ungkap Dolfi, akan berlangsung secara kontinyu terhadap satker-satker lainnya. Selain itu kegiatan ini merupakan komitmen Direktorat Narkoba Polda Sultra dalam memberantas peredaran dan penyalahgunaan gelap narkoba tanpa mengenal waktu di wilayah hukum Polda Sultra. (p2/b/put)

Click to comment
To Top