Sampah Menumpuk Pedagang Terganggu – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Buton Raya

Sampah Menumpuk Pedagang Terganggu

WAKATOBI – Keberadaan sampah kian mengganggu kenyamanan pedagang pasar ikan di wilayah pasar sentral, Kecamatan Wangiwangi Selatan, Kabupaten Wakatobi. Pasalnya, sudah hampir sebulan, tumpukan sampah di biarkan begitu saja tanpa ada upaya pengangkutan dari Dinas terkait.

Tumpukan sampah di wilayah pasar sentral Kecamatan Wangiwangi Kabupaten Wakatobi.

Tumpukan sampah di wilayah pasar sentral Kecamatan Wangiwangi Kabupaten Wakatobi.

“Tumpukan sampah ini bikin pasar jadi bau. Kadang biar ikan dagangan kami di hinggapi ulat yang datang dari sana,” tukas salah seorang pedagang ikan, Ita sambil menunjuk ke arah sampah, Kamis (5/1/2017).

Kondisi ini makin diperparah dengan keadaan pasar yang kotor. Sehingga, tak hanya pedagang yang merasa risih, tukang ojek yang biasa mangkal di wilayah ini pun ikut terganggu.

“Kami sudah dua kali mendatangi pihak DPRD guna menegur Dinas kebersihan terkait pengelolaan sampah, tapi pegawai kebersihan hanya datang mondar mandir tanpa mendesak petugas kebersihan sampah mengangkutnya,” jelas Iswandi, tukang ojek yang berhasil ditemui di lokasi tersebut.

Menanggapi masalah ini, Kepala Dinas Kebersihan Kabupaten Wakatobi, Drs Muksin menyampaikan, pihaknya akan segera melakukan pengangkutan.

“Memang keluhan pedagang ini sudah kami dengar sejak beberapa waktu lalu. Kami sudah berusaha untuk mengangkut sampah-sampah itu. Namun yang menjadi kendala selama ini kata dia, jalur masuk mobil menuju lokasi sangat sempit. Sehingga cukup menyulitkan tenaga kebersihan untuk mengangkutnya.

Di tambah lagi, keadaan pasar yang selalu ramai, memaksa pihaknya menunggu waktu tertentu dalam melakukan pengangkutan.(p14/b/hum)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top