Penumpang Kesurupan, Penerbangan Garuda Sempat Tertunda – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Metropolis

Penumpang Kesurupan, Penerbangan Garuda Sempat Tertunda

KENDARI – Penerbangan Pesawat Garuda dengan nomor Boeing 737 800 NG harus mengalami penundaan keberangkatan selama hampir dua jam di bandara Haluoleo Kendari, Selasa 10 Januari 2017 sekitar pukul 11.15 WITA, lantaran salah seorang penumpangnya mengalami kesurupan dan mengamuk dalam pesawat.

Penerbangan rute Kendari, Makassar dan Jakarta itu, akhirnya dibatalkan, meski posisi pesawat sudah sedang menuju landasan pacu untuk mengambil posisi take-off (terbang).

“Kita menerima kontak ada penumpang yang mengalami sakit kejang-kejang dan mengamuk di dalam pesawat. Ternyata diperiksa didalam penumpang itu bukan sakit kejang-kejang akan tetapi seperti kesurupan,” kata General Manager Garuda Indonesia Firmansyah kepada Rakyat Sultra.

Akibat kejadian itu, Garuda Boeing 737 800 NG tidak melanjutkan penerbangan dan kembali ke park stand atau pada posisi semula. Setelah dicek kembali penumpang yang bersangkutan tersebut kembali berteriak dan marah.

Penumpang tersebut diperkirakan mengalami riwayat gangguan kejiwaan. “Saya mau turun anak saya meninggal” teriak penumpang itu.

Selanjutnya, penumpang tersebut diangkat dan dibawah petugas medis dari bandara Haluoleo ke RS Bahteramas untuk diberikan perawatan medis.

Sedangkan seluruh penumpang dipersilahkan turun dan dilakukan pengecekan, dan memonitor seluruh ruangan dalam pesawat bersama-sama pihak Garuda Indonesia, bandara Haluoleo Kendari, TNI AU, sekaligus untuk menenangkan penumpang yang hendak melanjutkan perjalanannya.

Setelah dilakukan pengecekan kurang lebih selama satu jam, pesawat dinyatakan aman untuk diterbangkan.

Danlanud Haluoleo Kendari kemudian mempersilahkan seluruh penumpang untuk naik kembali ke pesawat sesuai rutenya, sekitar 12.50 Wita .

“Jadi hampir dua jam keberangkatan pesawat itu mengalami penundaan (Delay),” tuturnya. Menurut Firmansyah, hal itu tidak bisa dipungkiri, dimana kejadian dalam pesawat tersebut cukup mengagetkan sebagain penumpang.

Apalagi banyak dari penumpang pesawat adalah tamu dari Kapolda Sultra yang menghadiri acara pisah sambut Kapolda Sultra pada Senin (9/1/2017) kemarin.

Kabid Humas Polda Sultra AKBP Sunarto membenarkan, sebagaian besar tamu Kapolda Sultra menaiki pesawat Garuda Boeing 737 800 NG untuk kembali ke Jakarta. (p2/b/ags)

Click to comment
To Top