Pengaruh Politik Uang di Pilwali Kecil – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Pilkada

Pengaruh Politik Uang di Pilwali Kecil

KENDARI –  Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  (FISIP) Universitas Halu Oleo Kendari Dr Bahtiar menegaskan bahwa pengaruh politik uang dalam Pemilihan Wali Kota Kendari sangat kecil. Bahkan pengaruh uang dalam mendongkrak suara pasangan calon tidak akan terlalu besar  dalam pesta demokrasi.

POLITIK UANG

POLITIK UANG

“Makanya kalau  ada calon yang punya strategi dengan mengandalkan politik uang harus hati-hati. Karena pengaruh politik uang sangat kecil,” ujarnya dalam rilis hasil riset tentang  preferensi dan  peta dukungan pemilih dalam Pemilihan Wali Kota Kendari 2017 di  Gedung FISIP UHO, Rabu (11/1).

Dari hasil riset, katanya, pengaruh politik uang dalam perolehan suara calon cuma empat persen. Karena itu, dia meminta kepada para kandidat  untuk tidak mengandalkan politik uang dalam rangka memenangkan pesta demokrasi.

Di tempat yang sama, Koordinator Tim Peneliti Laboratorium Program Studi Ilmu Politik FISIP UHO, Husen La Zuada mengatakan hanya empat persen pemilih akan memilih kandidat yang memberikan uang. Sementara dua persennya akan menerima uang dan memilih calon yang memberi uang lebih banyak.

Sementara pemilih yang tidak mau menerima uang 13 persen. Saat ini, katanya, terdapat 46 persen pemilih akan menerima uang dan memilih calon sesuai hati nurani. Sementara pemilih yang menerima uang dan menganggapnya sebagai hadiah sebanyak 35 persen.

Dalam survei yang mereka laksanakan, sebanyak 93 persen pemilih juga menyatakan akan menyalurkan hak pilihnya dalam pesta demokrasi 15 Februari 2017, sementara tiga persen lainnya masih ragu-ragu menyalurkan hak pilih. Adapun pemilih yang tidak ikut memilih dan menjawab tidak tahu masing-masing dua persen.  (hrs)

Click to comment
To Top