KPU Akui Ada Pemilih Ganda – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Pilkada

KPU Akui Ada Pemilih Ganda

KENDARI –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendari membenarkan adanya pemilih ganda dalam daftar pemilih tetap (DPT). Hal ini disampaikan Ketua KPU Kendari Hayani Imbu saat ditemui di Kantor Bawaslu Sultra, Senin (9/1).

Meski menemukan  pemilih ganda, namun KPU mengungkapkan bahwa rekomendasi Panwaslu terkait pemilih yang diduga ganda tidak semua terbukti. Sebab dari penelusuran panitia pemungutan suara (PPS) dan panitia pemilihan kecamatan (PPK) , ada juga pemilih yang diduga ganda ternyata tidak ganda.

“Bagaimana kita buktikan pemilih yang diduga ganda ternyata tidak? Teman teman PPK sama PPS mengambil fotocopi KTP dan kartu keluarganya bahwa benar orang itu tidak ganda. Tapi memang ada sebagian ganda,” katanya.

Berkait adanya pemilih ganda, KPU sudah menyampaikan kepada tim kampanye pasangan calon bahwa surat penyampaian memilih alias C6 hanya satu yang dibagikan.  C6 nanti katanya akan berbentuk by name dan tidak lagi ditulis secara manual.

“ Sehingga ketika KPPS mendistribusikan C6 dia sudah tahu mana pemilih ganda,” ungkapnya.

Selain itu,pihaknya juga akan bersama-sama Panwaslu dan tim pasangan calon membagikan C6 supaya warga yang menerima  surat tersebut benar-benar tepat sasaran.  Hingga kini,pihaknya belum bisa memastikan berapa jumlah pemilih ganda dalam DPT. Soalnya pihaknya belum selesai mengakumulasi jumlah tersebut karena keterbatasan waktu.

Yang jelas, rekomendasi dari Panwaslu tentang pemilih yang diduga ganda sekira 2.000 orang.

“Kita akan rekapitulasi dalam satu minggu ini. Makanya setelah kita rekapitulasi pemilih ganda, KPU akan memanggil tim kampanye dan tim IT pasangan calon untuk memperlihatkan bahwa ini data ganda dan ini tidak ganda. Setelah itu, kita akan cocokkan dengan data mereka,” pungkasnya. (hrs)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top