125 Rumah Dibangun untuk ASN – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Kolaka Raya

125 Rumah Dibangun untuk ASN

TIRAWUTA – Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) tengah menjajaki kerjasama dengan pihak PT Bank Tabungan Negara (BTN)  terkait penyediaan rumah tinggal layak huni bagi kalangan ASN yang mengabdi di Koltim. Rencananya tahun ini akan segera dibangun sebanyak 125 unit dengan dana awal sebesar Rp 60 miliar.

Pemda Koltim jalin kerjasama dengan bank BTN Kendari untuk penyediaan rumah bagi ASN.

Pemda Koltim jalin kerjasama dengan bank BTN Kendari untuk penyediaan rumah bagi ASN.

Hal tersebut tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani antara Wakil Bupati (Wabup) Koltim, Andi Merya Nur mewakili Pemkab Koltim dan Bambang Hendro Thajo mewakili PT BTN selaku Branch Manager PT BTN Kanca Kendari, pada Rabu (11/1).

Penyediaan perumahan ini dimaksudkan untuk memberikan kesejahteraan bagi PNS lingkup Pemkab Koltim, khususnya PNS yang belum memiliki rumah tinggal layak huni. Apalagi, tercatat  masih banyak PNS yang berdomisili diluar Koltim karena belum memiliki tempat tinggal tetap di Koltim.

Menurut Merya kerjasama ini merupakan momentum strategis karena ini menjadi bukti nyata hadirnya Pemkab Koltim dalam sebuah komitmen yang mendorong ketertarikan masyarakat dan PNS Koltim untuk memiliki rumah bersubsidi.

“Program yang mulai digulirkan pada tahun 2017 ini, baru akan dibangun sebanyak 125 unit di Desa Tirawuta.  Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan rumah bagi PNS yang saat ini telah bermukim di Kabupaten Koltim”, lanjut Wabup.

Sementara itu, Bambang Hendro Thajo, menjelaskan sebagai komitmen awal, pihak PT BTN akan menyalurkan KPR senilai 60 miliar rupiah yang diperuntukkan bagi masyarakat dan PNS Koltim. Diungkapkannya, komitmen ini dapat terjalin karena adanya keseriusan Pemkab Koltim dalam mensejahterakan masyarakatnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman,  Eko Santoso Budiarto, menambahkan bahwa untuk menindaklanjuti MoU yang baru disepakati tersebut, pihaknya akan menyelesaikan izin prinsip lokasi dalam seminggu kedepan. “Jika sudah rampung minggu keempat bulan Januari ini sudah dapat dilakukan sosialisasi kepada seluruh PNS di Koltim,” bebernya.

Diperkirakannya, dalam minggu kedua bulan februari, pembangunan sudah bisa dimulai. Seiring proses seleksi calon penerima rumah subsidi pun juga akan dimulai.  “Kita target pembangunan perumahan bisa selesai dalam tahun ini dan segera digunakan,” imbuhnya. (cr2/b/alp)

Click to comment
To Top