Sultra Raya

PNS Dilarang Pungli

KENDARI, RSONNLINE – Perintah Presiden RI, Joko Widodo yang ditindaklanjuti oleh penegasan Menteri PAN RB, Asman Abnur, agar pemerintah daerah segera membentuk tim anti pungutan liar (pungli), telah ditindaklanjuti oleh Pemprov Sultra. Rencananya, November 2016 ini satuan tugas (Satgas) anti pungli akan bekerja.

Satgas anti pungli bentukan Pemprov Sultra, juga tidak akan main-main dengan pegawai yang melakukan pungutan ilegal dalam melakukan pelayanan publik. Jika terbukti, melakukan pungli terhadap masyarakat, maka akan disanksi berat. Bahkan bisa saja pemecatan dengan tidak hormat secara langsung.

“Kalau terbukti, dan kita tangkap tangan, maka sanksi berat langsung yang bersangkutan. Tidak ada namanya toleransi. Karena ini jadi perintah dan tidak bisa dihalang-halangi. Apalagi mereka yang memanfaatkan jabatannya dengan meminta sejumlah uang untuk pelayanan publik tertentu. itu tidak dibenarkan,” tegas Ketua Satgas anti pungli, yang juga Sekda Provinsi Sultra, Lukman Abunawas.

Meskipun dia tidak menjelaskan secara gamblang, apa sanski pegawai yang tertangkap tangan melakukan pungli, tetapi sanksi berat akan diberikan. Jika memang harus dilakukan pemecatan secara tidak terhormat dari status pegawai negeri yang bersangkuta, kata Lukman akan ditangani oleh tim khusus.

“Kalau pemecatan itu ada mekanismen, nanti tim khusus yang akan tangani itu,” katanya.

Sebelum bekerja, kata mantan Bupati Konawe dua periode ini satgas anti pungli yang terdiri dari berbagai unsur, baik mulai dari TNI, Polri, dan beberapa instansi vertikal itu, akan berkoordinasi dan melakukan konsolidasi.

Lukman berjanji satgas anti pungli akan bekerja pada November 2016. Makanya, dirinya mengingatkan kepada semua aparatur sipil negara lingkup Pemprov Sultra untuk tidak melakukan pungli. Pasalnya jika terdapat ada yang melakukan pungli, dirinya tidak segan-segan berikan sanksi. (r3/b/put)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.




©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top