Sultra Raya

Penyerahan KUA PPAS 2017 Tunggu Penetapan OPD

KENDARI, RSONLINE – Pemprov Sultra telah berencana menyerahkan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) 2017 ke DPRD Sultra. Namun masih terganjal dengan belum ditetapkannya organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov Sultra yang baru oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pasalnya, APBD tahun 2017 pemerintah pusat menyarankan agar sudah mengacu pada OPD yang baru. Demikian diakui Wakil Gubernur Sultra, HM Saleh Lasata.

Padahal, kata pasangan Gubernur Nur Alam ini, tim KUA-PPAS untuk ditindaklanjuti sebagai pembahasan APBD tahun anggaran 2017.

Meskipun komitmen Pemprov Sultra untuk segera mempercepat penyerahan dan sekaligus pembahasan KUA PPAS.

“Kita rencanakan secepatnya pembahasan KUA-PPAS ini, tetapi kita masih tunggu penyesuaian perangkat daerah. Kalau sudah selesai maka secepatnya kita akan bahas,” katanya

Sementara itu, sebelumnya Kepala Biro Organisasi Setda Sultra, Syahruddin Nurdin memperkirakan rekomendasi Kemendagri terkait penetapan OPD akan tuntas pekan depan. Sehingga penandatanganan perda kelembagaan tentang OPD disahkan.

“Penyusunan KUA-PPA APBD 2017 kita sekarang juga sudah mulai disusun berdasarkan OPD itu, sembari menunggu rekomendasi dari Kemendagri,” ungkap Syahruddin.

Peraturan Pemerintah (PP) nomor 18 tahun 2016 tentang Pedoman Nomenklatur Perangkat Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota kata dia dalam Raperda OPD ada penambahan jumlah dinas dijajaran pemprov Sultra. Yakni Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perubahan dan Daerah Tertinggal, DInas Cipta Karya dan Perairan, Dinas Informatika, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Meskipun diketahui, jumlah SKPD sebelum diadakan nomenklatur sekitar 40 SKPD, namun setelah adanya hasil pemetaan nomenklatur dalam raperda kelembagaan, SKPD terbaru terbentuklah sekitar 32 SKPD yang terdiri dari 26 dinas, 6 badan ditambah satu badan perhubungan yang diisi tataran pejabat eselon III diluar Sekertariat Daerah (Setda), Inspektorat dan Sekretariat Dewan. (r3/b/put)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.




©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top