Sultra Raya

Peluang Terbentunya DOB Sangat Kecil

KENDARI, RSONLINE – Dari 223 calon daerah di Indonesia termaksud beberapa calon daerah di Sultra yang diusulkan untuk dimekarkan, ternyata kecil kemungkinan untuk bisa menjadi daerah otonomi baru (DOB).

Pasalnya Mendagri baru menyusun peraturan pemerintah (PP) berkaitan dengan penataan daerah baik berkaitan dengan luas daerah, batas daerah, maupun kemampuan kabupaten induk dalam mendampingi daerah yang hendak dimekarkan, belum memproses usulan tersebut.

Anggota Komisi I DPRD Sultra Tumaruddin

Anggota Komisi I DPRD Sultra Tumaruddin

Demikian diungkapkan anggota Komisi I DPRD Sultra Tumaruddin usai menggelar rapat dengan Direktur Penataan daerah otonomi Khusus pada Kamis (3/10) siang di Kemendagri.

Dari hasil kunjungan ke Mendagri yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi Taufan Alam bersama anggota dewan lainnya, Tumaruddin menjelaskan dari beberapa DOB di Sultra yang diusulkan untuk dimekarkan seperti Kabupaten Konawe Timur, Kota Raha, Muna Timur, dan Provinsi Kepulauan Buton (Kepton), untuk tahun 2016 ini tidak ada pemekaran.

Kemudian, lanjut dia, ditahun 2017 pun peluang untuk dimekarkan juga masih sangat kecil, selain dikarenakan persoalan pemotongan anggaran yang terjadi baru-baru ini juga masih sementara disusunnya peraturan pemerintah yang sejauh ini baru berjalan sekitar 80 persen.

“Sehingga, kecil kemungkinan beberapa daerah di Sultra dimekarkan jadi DOB. Kalaupun ada, itupun tergantung dari kebijakan dari presiden dan DPR-RI,” tutupnya saat dihubungi melalui via selulernya.(p8/b/ags)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.




©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top