Sultra Raya

Sumpah Pemuda Bangkitkan Rasa Nasionalisme

KENDARI, RSONLINE – Berlalunya hari peringatan sumpah pemuda, seperti yang telah diperingati pada lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, diharapkan tidak menyurutkan semangat pemuda-pemudi untuk berprilaku positif sebagai tolak ukur kesuksesan masa depan bangsa.

Hal tersebut juga menjadi harapan Kabid Pemuda dan Olahraga, Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Kendari, Dra Siti karimando, dimana pelaksanaan peringatan, sedapat mungkin dijadikan sebagai dasar untuk membangkitkan rasa nasionalisme, serta melandasi para pemuda bertekad untuk bersatu, walaupun tidak ada kegiatan khusus yang digelar Dispora untuk  memperingati titik kabangkitan bangsa khususnya untuk pemuda-pemudi Kota Kendari.

“Karena satu dan lain hal sehingga tidak ada kegiatan khusus yang Dispora laksanakan untuk peringatan tahun ini, namun rasa nasional pemuda sebagai tolak ukur kesuksesan bangsa harus terus dijunjung tinggi,” katanya.

Dia meyakini, pemuda memiliki kemampuan intelektual yang dapat berpikir demi perubahan dan kemajuan bangsa, jika kemampuan itu selaras dengan kesadaran dalam menjaga diri serta pergaulan di era globalisasi yang memungkinkan pergeseran nilai dan modernisasi budaya sangat cepat dan akan sulit teratasi, maka peran pemuda sebagai pelopor akan lebih membanggakan.

“Lebih membanggakan jika kaum pemuda bisa menjadi agen perubahan dan kemajuan bangsa di era globalisasi, dimana era saat ini merupakan era yang semua hal bisa bergerak lebih cepat,” tambahnya.

Harapanya, untuk kaum muda pembawah perubahan, bisa menyatakan perang dengan narkoba, maupun pergaulan yang bisa merusak citra bangsa dan bisa menjadi generasi tangguh yang mampu berinovasi agar lebih siap menghadapi era globalisasi dan bisa lebih memajukan bangsa indonesia khususnya kota kendari agar bisa lebih membanggakan lagi, baik untuk bidang olahraga yang sudah nulai diperhitungkan maupun untuk bidang lain yang sifatnya membangun.

“Pemuda sebagai pembawah perubahan harus bisa lebih membanggakan, untuk terus berjuang belajar menjadi terbaik dan terus berprestasi dibidang olaraga dan bidang lainya yang sifatnya membangun,”tegasnya

Sementara ditemui secara terpisah, Ir Asrun Meng Sc, mengatakan harapanya untuk kaum muda saat ini, agar  kepemimpinan bisa beregenerasi atau memberikan kesempatan kepada pemuda untuk diberikan kesempatan dalam memajukan daerah tanpa memandang pesimis kekuatan serta kecerdasan yang mereka miliki.

“Harapan saya itu agar bisa meregenerasi atau memberi kesempatan kepada pemuda dalam kepemimpanan saat ini,”tututpnya. (p6/b/put)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.




©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top