Wilayah Kepulauan Mubar Dapat Bantuan Tenaga Surya – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Headline

Wilayah Kepulauan Mubar Dapat Bantuan Tenaga Surya

LAWORO, RSONLINE – Sejumlah wilayah pesisir Kabupaten Muna Barat mendapatkan bantuan listrik tenaga surya dari pemerintah pusat. Total dana yang digelontorkan dari Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral ini mencapai Rp35 Miliar. Dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp 24 miliar dan APBN sebesar Rp11 miliar.

Kepala Bagian Ekonomi Pemkab Muna Barat, Amiruddin menjelaskan, bantuan dari DAK akan dibagi pada tiga desa. Yakni Desa Santiri Kecamatan Tiworo Utara dengan kasapitas 90 KWP, Desa Kangkunawe Kecamatan Maginti kapasitas 75 KWP dan Desa Katela Kecamatan Tiworo Kepulauan kapasitas 50 KWP.

Bantuan melalui APBN juga digelontorkan pada tiga desa. Yakni, Desa Pasipadangan Kecamatan Maginti kapasitas 35 KWP, Desa Mandike Kecamatan Tiworo Utara kapasitas 25 KWP dan Desa Santigi Kecamatan Tiworo Utara kapasitas 20 KWP.

“Semua rumah tangga di desa-desa tersebut mendapat aliran listrik dari tenaga surya, dihitung berdasarkan KWP rumah tangga, fasitas umum dan lampu jalan. Jadi infrastrukturnya itu rumah tangga, fasilitas umum dan penerangan jalan umum (PLU) mendapat seluruhnya,” jelasnya.

Sebelum diperoleh diawali dengan Feasibility Study, untuk melihat kesesuaian dan kebutahan desa. Makanya, yang mendapat bantuan itu katanya, rumah tangga, lampu jalan dan fasilitas umum. “Setelah itu, diusulkan ke Kementerian ESDM. Jika Program DAK melalui Dinas ESDM Sultra. Sedangkan APBN komunikasi langsung ke kementerian,” tambahnya. (p1/b/aji)

Click to comment
To Top