Penataan Lingkungan di Kelurahan Mandonga Optimal – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Headline

Penataan Lingkungan di Kelurahan Mandonga Optimal

KENDARI, RSONLINE – Tim penilai Lomba Kelurahan terus menyisir seluruh kelurahan, untuk melihat langsung hasil kerja kelurahan atas kondisi lingkungan kelurahannya, dalam mengikuti Lomba Kelurahan Bersih dan Hijau 2016 yang digagas Pemkot Kendari bersama Harian Rakyat Sultra.

Tim yang dibagi dalam dua kelompok tersebut turun memberikan penilaian tahap pertama, yang dijadwalkan selesai pada pekan ini. Kelurahan Mandonga menjadi salah satu Kelurahan yang dikunjungi dewan juri pada penilaian, Kamis kemarin.

Saat tim turun melakukan penilaian pada Kelurahan yang dipimpin Yanti Mustari, Kelurahan Mandonga relatif tertata dengan baik. Titik pantau lomba yang menjadi penilaian relatif telah tertata baik, diantaranya adalah kantor Kelurahan Mandonga.

Selain penataan kantor yang cukup rapi, pelayanan kepada masyarakat di kelurahan tersebut juga cukup maksimal.

Sementara dititik pantau lainnya, seperti pemukiman warga yang masuk dalam titik pantau lomba, juga terlihat bersih, dan sudah ada upaya warga melakukan pemilihan sampah yang dibuang di tempat pembuangan sampah warga.

Hal yang sama juga ditemui pada titik pantau tempat ibadah yang kondisinya juga sudah tertata bersih, sehingga membuat jamaah yang datang beribadah merasa nyaman.

“Masyarakat cukup antusias berpastisipasi untuk memakmurkan masjid, hal ini dibuktikan dengan lengkapnya fasilitas yang diberikan warga untuk pengurus masjid. Disamping itu, warga juga terus memakmurkan masjid,” tutur Lurah Mandonga.

Sedangkan pada jalan-jalan lingkungan dititik pantau lomba, juga terlihat bersih, tidak ada sampah yang berserakan.

Tim penilai yang terdiri dari Dinas Kebersihan Kota Kendari, Dinas Kesehatan, BLH, Dinas PU Kota dan Harian Rakyat Sultra tak lupa memberikan catatan tambahan kepada kelurahan Mandonga, untuk terus memaksimalkan peran warga dalam menjaga lingkungan menjadi bersih dan hijau.

“Partisipasi dari warga dalam menjaga kebersihan lingkungan, dan upaya pengelolaan bank sampah oleh warga sekitar, bisa masuk dalam penilaian babak berikutnya,” ujar salah satu tim juri Aridan.

Pengelolaan Bank Sampah di kelurahan tersebut juga menjadi perhatian tersendiri bagi tim juri, sebab upaya pengelolaan bank sampah warga di kelurahan Mandonga cukup berjalan optimal lewat peran serta pengurus yang dibentuk warga masyarakat.

Sementara itu, Lurah Yanti Mustari menuturkan, upaya pembersihan lingkungan sepenuhnya dilakukan langsung oleh warga. Dan memang partisipasi warga di kelurahan Mandonga juga cukup tinggi.

“Nda mungkin kebersihan lingkungan saya yang lakukan sendiri, tapi semua bisa berjalan berkat partisipasi yang besar dari warga,” tuturnya. (ags-p6/b)

Click to comment
To Top