Ini Jumlah Dinas dan Badan Pemkab Muna – Rakyat Sultra

Rakyat Sultra

Headline

Ini Jumlah Dinas dan Badan Pemkab Muna

2-bupati-muna

Bupati Muna, LM Rusman Emba menerima perda tentang pembentukan dan susunan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Muna dari Ketua DPRD Muna, Mukmin Naini, Kamis (6/10).

RAHA, RSONLINE – Setelah melalui pembahasan dan penggodokan yang begitu alot antara gabungan komisi DPRD Muna dan eksekutif, Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pembentukan dan susunan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Muna menjadi Perda akhirnya disahkan melalui rapat paripurna DPRD Muna, Kamis (6/10).

Sekretaris Pansus Raperda OPD Kabupaten Muna, Sukri ketika membacakan laporan hasil rapat gabungan komisi DPRD Muna mengatakan, pembentukan Raperda OPD Muna yang baru ini adalah sebagai konsekuensi berlakunya UU No 23 tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah (PP) No 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah.

Pembentukan OPD kata politisi Demokrat ini tetap memperhatikan prinsip efisiensi, tata kerja perangkat daerah, fleksibilitas dan optimalisasi kinerja pemerintah daerah dalam melayani masyarakat. Sukri menyebut, OPD Kabupaten Muna terdiri dari 24 Dinas dan lima Badan.

24 dinas itu yakni Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil tipe A, Dinas Kelautan dan Perikanan Tipe B, Dinas Kepemudaan dan Olahraga tipe B, Dinas Kesehatan Tipe A, Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian tipe A, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah tipe C, Dinas Lingkungan Hidup tipe B, Dinas Ketahanan Pangan tipe B, Dinas Pariwisata tipe B, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang tipe A, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa tipe B, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Atap tipe C.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tipe A, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluaga Berencana tipe B, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tipe C, Dinas Perdagangan dan Perindustrian tipe A, Dinas Perhubungan tipe B, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan tipe B, Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan tipe B, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan tipe B, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman tipe C, Dinas Sosial tipe A, Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja tipe B dan Satuan Polisi Pamong Praja menjadi tipe A.

Sedangkan Badan ada 5 yaitu Badan Kepagawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia tipe B, Badan Keuangan dan Aset Daerah tipe B, Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah tipe B, Badan Penelitian dan Pengembangan tipe C dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah tipe B. (sra/aji)

Click to comment
To Top