Rakyat Sultra

Headline

Banyak Pegawai Diduga Gunakan Narkoba

 

KENDARI – Pengguna narkoba di Provinsi Sultra tercatat sekitar 1,5 persen atau sekitar 27.000 jiwa dari penduduk Sultra yang berjumlah 2,4 juta jiwa. Mirisnya, sebagian besar dari jumlah pengguna narkoba itu, 65 persen didominasi pelajar, baik mahasiswa maupun siswa. Lebih miris lagi, aparatur sipil negara juga masuk dalam angka tersebut.

Khusus di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra, banyak laporan masuk tentang pegawai yang terindikasi menggunakan barang haram tersebut. Hal itupun diakui Sekretaris Provinsi Sultra Dr Lukman Abunawas, Senin (4/4).

Bahkan, Lukman mengaku telah banyak menerima laporan terkait adanya indikasi penggunaan narkoba oleh para abdi negara. Bahkan indikasi itu bukan lagi menjadi rahasia.

“Ada. Laporan bahkan banyak yang masuk. Banyak pegawai ASN yang menggunakan narkoba. Dan itu sudah bukan lagi rahasia,” ungkap mantan Bupati Konawe dua periode ini.

Namun, Pemprov Sultra belum memiliki langkah konkrit dalam menyimpulkan kebenaran laporan masyarakat itu. Hanya saja, mantan Ketua DPD Golkar Konawe ini menegaskan, akan melakukan upaya untuk memastikan kebenaran laporan-laporan yang masuk.

“Upaya itu sudah ada, dan pernah saya sampaikan,” aku Lukman.

Olehnya itu, tegas dia, dalam rangka menindaklanjuti laporan dan adanya indikasi penggunaan narkoba dijajaran aparatur sipil Pemprov Sultra, perlunya dilakukan tes urine mendadak yang akan dijadwalkan bersama Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sultra.

“Ya, kita akan lakukan tes urine mendadak nanti di jajaran Pemprov Sultra agar diketahui pasti siapa yang terindikasi menggunakan narkoba,” jelas Ketua KONI Sultra ini.

Meminimalisir penggunaan narkoba dijajaran aparatur Pemprov Sultra, kini dijadikan tugas Lukman Abunawas untuk diselesaikan. Bahkan, dia meminta masyarakat terlibat dalam mengawasi dan memberikan laporan kepada pemerintah terkait adanya indikasi penggunaan narkoba dijajaran abdi negara. (RS)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

To Top