Headline

Kemenag Kantongi 1.265 Visa JCH

Muhammad Kadir Aziz

Muhammad Kadir Aziz

* Suhu Udara di Madinah Capai 44 Derajat Celsius

 

KENDARI- Dari 1347 orang Jemaah Calon Haji (JCH) Sulawesi Tenggara (Sultra), Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Sultra baru kantongi 1.265 visa CJH tersebut. Sementara 82 orang JCH belum mendapatkan visa. Hal ini diungkapkan Kepala Seksi Pendaftaran dan Dokumen Haji Kemenag Provinsi, Muhammad Kadir Aziz saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (26/8).

Dirinya menjelaskan, bagi jemaah yang belum mendapatkan visa tersebut bukan berarti tidak berangkat. Hanya saja kata dia, proses pembuatan visa untuk 82 orang jemaah itu masuk dalam pembuatan visa gelombang ke dua sehingga diharuskan terlambat pemvisaannya.

“Sisa 82 orang yang belum dapat, karena memang pemvisaannya masuk di gelombang ke dua makanya terlambat,” jelas Kadir

Saat ditanya waktu penerimaan visa sisa, dirinya belum dapat memastikan kapan mendapatkan sisa visa tersebut dari keduataan Arab Saudi. Namun pihaknya menjamin, visa tersebut bakal didapatkan sebelum jemaah masuk ke asrama haji Makassar.

“Saya tekankan sekali lagi, jemaah jangan pernah khawatir jika tidak diberangkatkan. Kami jamin semua jemaah pasti berangkat. Karena visa untuk Indonesia tidak ada pengurangan,” tandasnya.

Pemvisaat untuk tahun ini jelas Kadir,agak rumit jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebelumnya, lanjut Kadir data-data  jemaah hanya dikirim di keduataan Arab Saudi lalu dibuatkan visa. Namun tahun ini, data-data tersebut bukan hanya dikirim di kedutaan, akan tetapi harus dikirim kembali di kementrian agama Arab Saudi untuk diterbitkan visa.

“Memang agak memakan waktu untuk pemvisaan kali ini, karena sistem pemvisaan tahun lalau dan sekarang sangat berbeda,” tutupnya.

Sementara bagi Jemaah Calon Haji (JCH) yang bakal menunaikan ibadah haji tahun ini harus tetap waspada menjaga kesehatan. Pasalnya, suhu udara di Madinah capai 44 derajat Celsius.

Olehnya itu, pihak Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kemenag) Sultra meminta seluruh JCH membawa perlengkapan memadai guna mengantisipasi suhu udara yang panas tersebut. Bukan hanya itu, Kemenga juga minta JCH untuk membawa handuk kecil untuk mengarangi tekanan panas, dan menganjurkan JCH minum air sebanyak tiga teguk di setiap jam.

“JCH jangan takut panas, yang jelas mereka harus bawa handuk kecil. Cara penggunaannya, handuk kecil dibasahi lalu diletakan di kepala guna mengurangi tekanan udara panas. JCH juga harus sering minum air putih untuk menghindari dehidrasi,” terang Kepala Seksi Dokumen Haji Kemenag Provinsi, Muhammad Kadir Aziz

Selain itu, pihaknya juga meminta agar jemaah wajib mengenakan masker dan mencuci tangan setiap mengonsumsi makanan. Sebab kata dia, peluang kontaminasi debu terhadap makanan sangat rentan sekali.

“Kami sudah samapaikan ke JCH untuk memakai masker dan wajib cucui tanngan setiap mau makan. Karena debu pasti banyak sekali,” imbuhnya.(p6/b/mat)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.




©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top