Headline

Kadin Gagas Sultra Incorporate

 

Mandi SE

Mandi SE

 

KENDARI – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sultra, punya cara jitu agar Sultra bisa bertahan dari guncangan ekonomi. Ketua Kadin Sultra, Mandi SE, untuk mengejar ketertinggalan ekonomi, Sultra sudah terlambat. Namun, ada beberapa cara jitu agar Sultra bisa bertahan dan bahkan menjadi kekuatan ekonomi nasional.

“Pemerintah harus menggenjot sektor produktif, sembilan sektor ekonomi yakni pertanian, perikanan, perkebunan, minyak dan gas,” kata Mandi SE, Selasa (25/8).

Selain itu, pemerintah juga harus memikirkan komoditas apa saja yang bisa di ekspor enam bulan ke depan. Kata Mandi, sumber daya alam Sultra sangat kaya dan melimpah. Hanya saja, belum maksimal diolah dan pemasaran menjadi terbengkalai.

“Tingkatkan semua sektor ekonomi, kerahkan anggaran untuk melakukan yang terbaik, sehingga ketika tiba masanya ekspor maka Sultra akan mengeluarkan seluruh kekuatan ekonominya ke luar,” tambah Mandi SE.

Gagasan lain, Kadin berencana mendirikan Lembaga Sultra Incorporate. Lembaga ini dibuat untuk menyatukan pemerintah dan swasta menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015.

“Kami menginginkan 17 kabupaten dan kota se-Sultra, ikut menanamkan sahamnya pada lembaga ini. Bayangkan, jika setiap pemda menanamkan saham sebesar Rp 300 miliar dari APBD, maka dari 17 kabupaten ini ada modal triliunan rupiah yang bisa dipakai untuk menjalankan semua sektor perekonomian di Sultra. Sehingga, Sultra bisa memiliki kekuatan ekonomi sendiri, bahkan jika uang ini di simpan di bank, bukan tidak mungkin dengan bunga sedemikian rupa Sultra tidak akan bergantung lagi ke APBN,” katanya.

Saran dan ide ini, kata Mandi, akan diajukan ke forum resmi. Pihaknya juga akan segera bertemu dengan semua kepala daerah untuk menggagas ide ini. Ke depan, Sultra dengan semua sumber dayanya, tidak akan bergantung dan akan menjadi penyokong ekonomi nasional. (*/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.




©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top