Headline

Gagal Calon Bupati, La Iru Kembali ke Kampus

Prof La Iru

Prof La Iru

KENDARI – Setelah dinyatakan syarat pencalonannya tidak mencukupi, balon Bupati Prof La Iru kembali ke dunia asalnya sebagai seorang akademisi. Meski sempat kecewa terhadap penyelenggara Pilkada di Muna, namun itu menjadi pengalaman politik baginya.

“Sekarang saya hanya berpikir bagimana membangun Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo, agar bisa lebih baik lagi,” papar Prof La Iru saat ditemui di Kendari, Selasa (25/8).

Sebelumnya, saat ditetapkan tidak lolos sebagai calon bupati Muna, bersama dengan pasangan calon wakil bupatinya La Ode Sahirudin Kaeba, serta para tim pemenangan mengajukan sengketa ke Panwaslu Muna atas ketidaksesuaian administrasi dari KPU Muna. Namun, Panwaslu kurang menanggapi hal tersebut sebab penetapan yang dilakukan oleh KPU Muna sudah sesuai dengan UU Nomor 8/2015.

Saat ditanya apakah dirinya akan mengajukan gugatan sengketa Pilkada ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN), dirinya mengatakan, tidak perlu melakukan hal itu. Nantinya, siapapun yang terpilih sebagai pemenangan dalam pertarungan kursi panas sebagai kepala daera di Muna ini, harus lebih memperjuangkan aspirasi masyarakat Muna.

Untuk diketahui, KPU Muna menetapkan rekapitulasi jumlah dukungan pasangan bakal calon (Balon) Bupati/Wakil Bupati Muna, La Iru-La Ode Sahiruddin Kaeba sebanyak 17.004 dukungan. Hal itu ditetapkan dalam rapat pleno rekapitulasi jumlah dukungan pasangan perseorangan yang digelar di KPU Muna, Jumat (21/8) lalu.

Jumlah tersebut tidak sesuai dari jumlah dukungan yang harus dikumpulkan oleh pasangan bakal calon ini yakni sebanyak 43.482 dukungan suara.

Jumlah dukungan 17.004 itu, merupakan tambahan dukungan setelah dilakukan perbaikan pada tanggal 4-7 Agustus. Jumlah dukungan 17.004 ini, nantinya akan ditambahkan dengan jumlah dukungan sebelumnya yang telah memenuhi syarat, yakni sebanyak 763 dukungan, sehingga total dukungan pasangan ini sebanyak 17.767 dukungan.

Sehingga, dalam Pleno KPU, pasangan bakal calon yang mengambil jalur perseorang ini, dinyatakan tidak memenuhi syarat. (p10/b/ian)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.




©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top